Tebuireng, 18 Mei 2024 – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa mengenai dunia teknologi informasi, SMK Plus Zainuddin Pamekasan melaksanakan kunjungan edukatif ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang pada tanggal 20 Mei 2024.

Kunjungan ini diikuti oleh 12 siswa dan 12 guru pendamping dari SMK Plus Zainuddin Pamekasan. Mereka disambut hangat oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Aries Dwi Indriyanti, S.Kom., M.Kom, beserta jajaran dosen dan staf fakultas. Acara dimulai dengan sambutan dan perkenalan singkat mengenai profil Universitas Hasyim Asy’ari, khususnya Fakultas Teknologi Informasi yang menjadi fokus kunjungan.

Dalam sambutannya, Ibu Aries Dwi Indriyanti, S.kom., M.Kom menyampaikan pentingnya penguasaan teknologi informasi di era digital saat ini. “Kami sangat senang menerima kunjungan dari SMK Plus Zainuddin Pamekasan. Kami berharap melalui kunjungan ini, para siswa dapat memperoleh wawasan baru dan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang teknologi informasi,”.

Selama kunjungan, para siswa diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di Fakultas Teknologi Informasi, termasuk laboratorium komputer, ruang server, dan perpustakaan digital. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengikuti workshop singkat mengenai dasar-dasar pemrograman dan pengenalan tentang perkembangan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan dan internet of things (IoT).

Salah satu guru pendamping, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan yang diberikan oleh pihak universitas. “Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Mereka dapat melihat langsung bagaimana ilmu teknologi informasi diterapkan di dunia nyata dan memahami pentingnya pendidikan tinggi untuk masa depan mereka,” ujarnya.

Para siswa juga tampak antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan yang disiapkan. Seorang siswa, Anisa Rahma, mengungkapkan kekagumannya terhadap fasilitas dan pengetahuan yang diperoleh. “Saya sangat senang bisa belajar banyak hal baru di sini. Ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan semakin memotivasi saya untuk belajar lebih giat,” kata Anisa.

Dengan kunjungan ini, diharapkan terjalin hubungan yang baik antara SMK Plus Zainuddin Pamekasan dan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Selain itu, kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat terus dilakukan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan siswa, khususnya di bidang teknologi informasi.